BNI Tuban Siap Cairkan Dana BSU , Ini Cara Dan Persyaratannya

BNI Tuban Siap Cairkan Dana BSU , Ini Cara Dan Persyaratannya
Pemimpin BNI Cabang Tuban, Eri Prihartono

Portaltuban.com- Apakah anda masuk dalam daftar pencairan uang bantuan subsidi upah (BSU) dari pemerintah pusat. Di Kabupaten Tuban kini sudah bisa dicairkan dana bantuan tersebut.

Persyaratan utama adalah bergaji di bawah Rp 5 juta. Persyaratan selanjutnya seperti belum menerima bantuan sosial dari pemerintah dalam bentuk apapun dan merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan aktif yang sudah terdaftar sejak lama.

Tahun ini penyerahan bantuan hanya bisa dilakukan di Himbara (Himpunan Bank Negara). Seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BTN. Bagi penerima BSU yang tak memiliki empat rekening tersebut akan dikirim surat untuk membuka rekening terlebih dulu.

Adapun untuk pencairan BSU yang melalui Bank BNI Cabang Tuban dibagi beberapa tahap. Untuk tahap 1 sampai dengan 5 sebanyak 3.099 rekening. Terdiri atas penerima Existing sebanyak 2.170 rekening dan New Rekening ada 929 penerima.

Bagi Penerima sudah bisa dilakukan pencairan baik di BNI KCU Tuban dan 4 outlet yang sudah disediakan. Seperti di KCP Semen Gresik, KCP Jenu, KK Bancar dan KK Rengel. Adapun batas pencairan sampai dengan tanggal 15 Desember 2021.

Adapun untuk persyaratan pencairan melampirkan Foto Copy KTP, Foto Copy KK,  NPWP bagi yang memiliki dan Kartu BPJS Ketenagakerjaan. Mekanisme pencairannya juga sudah diatur agar lebih mudah. Yakni bagi penerima Instansi yang masuk data penerimanya kurang dari 10 orang maka masing- masing penerima bisa langsung datang ke lokasi pencairan yang sudah ditentukan oleh BNI terdekat dengan tetap membawa persyaratan.

Bagi penerima Instansi yang data penerimanya ada 10 orang keatas, bisa diwakilkan PIC Perusahaan. Sebelumnya harus mengambil Form pembukaan Rek dan Pengembalian Form Rekening. Selanjutnya Coustomer  Servis (CS) akan melakukan pencetakan Buku dan ATM.

“ Pencairannya dilakukan sudah mulai dari minggu kemarin. Prosesnya bisa dipermudah kalau instansi tersebut ada data penerimanya lebih dari 10 orang. Kita sediakan banyak tempat agar lebih mudah juga. Kalau sudah diproses untuk pengambilan Buku dan ATM menunggu jadwal dari CS dan harus diambil sendiri oleh yang bersangkutan, “ jelas Pemimpin BNI Cabang Tuban, Eri Prihartono saat dikonfirmasi, Kamis (21/10).

Diketahui bahwa di Kabupaten Tuban ada 13.498 karyawan tervalidasi sebagai penerima BSU tahap dua pada tahun 2021 yang sudah di seleksi oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Dari jumlah tersebut, setiap penerima akan mengambil dana bantuan sejumlah Rp. 1 Juta sesuai rekening Bank penerima. (Afi).