Edukasi Generasi Muda Sadar Pajak, KPP Pratama Tuban Adakan Tax Goes to School

Edukasi Generasi Muda Sadar Pajak, KPP Pratama Tuban Adakan Tax Goes to School
Penyuluh KPP Pratama Tuban sedang memberikan edukasi perpajakan

Portaltuban.com - KPP Pratama Tuban melaksanakan program rutin Tax Goes to School bersama sekolah menegah atas di Kabupaten Tuban dengan tema Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara, kemaren jumat (22/10), pagi.

 

Agenda rutin ini dilakukan untuk memberikan edukasi tentang pentingnya perpajakan bagi generasi muda, khususnya anak sekolah. Agar menjadi bahan dasar cakrawala pembangunan sebuah negara. Bahwa, semua roda pembangunan dan majunya sebuah negara sebagian besar bersumber dari sektor pajak.

 

Sejak awal kegiatan, Penyuluh KPP Pratama Tuban seperti Claudia Dara Ayu Balina, Dinar Septiarso, dan Luly Dhuhita Setianingsih selalu memberikan pemantik atau wawasan pajak. Guna mendukung upaya pembangunan negara maka diperlukan penerimaan negara yang 70% nya bersumber dari penerimaan pajak.

 

Faktanya menghimpun pajak dari tahun ke tahun  tidaklah mudah.  Salah satunya karena masih terdapat Warga Negara Indonesia yang kurang memiliki kesadaran sehingga tidak patuh dalam melaporkan dan membayar pajaknya. Oleh karena itu diharapkan Generasi Z saat ini (siswa- siswi) adalah calon generasi emas yang Pada tahun 2045 (20-25 tahun lagi), akan berada di usia produktif dan diproyeksikan mendominasi sekitar 60% dari proyeksi jumlah penduduk nanti (297 juta) sadar akan perannya dalam proses pembangunan negara.

 

“Paling tidak untuk saat ini sebagai siswa siswi sma dalam perannya sebagai warga negara adalah membela negara dalam wujud belajar dengan baik, serta tidak melakukan tindakan vandalisme, kriminal dan tidak menggunakan narkoba serta menjaga protokol kesehatan, “ seru salah satu tim penyuluh, Claudia.

 

Puluhan siswa SMA N 3 Tuban yang berkesempatan mengikuti acara itu Nampak antusias sekali. Interaksi antar penyulih dan siswa Nampak hangat dan metode edukasinya berhasil. Terlihat sesi materi didengarkan seksama. Bahkan hingga sesi Tanya jawab juga saling bersautan antara Tanya dan jawabnya.

 

“Saya sangat senang sekali dengan kehadiran kakak-kakak dari KPP Pratama Tuban yang ramah-ramah. Acaranya bermanfaat karena saya jadi tahu seberapa penting uang pajak yang dibayarkan oleh rakyat bagi keberlangsungan negara. Saya juga terkesan selama acara berlangsung karena acara yang dibawakan ga kaku, tapi santai dan menyenangkan, “ kata salah satu siswa, Nayoha Hervia

 

Kegiatan Tax Goes to Campus yang ini sangat bagus karena salah satu manfaatnya adalah memberikan pegertian kepda calon-calon wajib pajak. Diharapkan dengan pengenalan pajak sejak dini kepada siswa siswi dimana sebagai  agen perubahan, maka ketika nanti mereka seteah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri maka tidak lupa akan andilnya dalam proses pembangunan negara.

 

Oleh karena itu diharapkan setelah selama acara berlangsung siswa siswi dapat memanfaatkan dengan baik kesempatan berharga ini, serta kesadaran pajak ini tidak langsung hilang selesai acara namun dapat disampaikan kepada teman, saudara atau masyarakat sekitar dan menjadi agen perubahan bagi negara.

 

“Selain itu semoga terjalin kerja sama yang baik antara Direktorat Jenderal Pajak dengan SMA N 3 Tuban untuk membentuk generasi sadar pajak, “ harap Drs. Roni Siswanto ,Wakil Kepala Kurikulum, SMA N 3 Tuban

 

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan, KPP Pratama Tuban, Teguh Mulyono menjelaskan bahwa Tax Goes to School merupakan kegiatan yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pajak guna memberikan edukasi kepada siswa siswi generasi millenial sebagai generasi penerus bangsa. Bahwa pajak berkontribusi besar dalam APBN. KPP Pratama Tuban sangat berterima kasih atas partisipasi dari sma 3 tuban telah memberikan kesempatan kepada KPP Pratama Tuban menyelenggarakan acara TGS.

 

Direktorat Jenderal Pajak menyadari bahwa guru sebagai pendidik sangat memiliki andil dan peran dalam mempersiapkan generasi-generasi millenial tersebut. Keduanya baik guru maupun siswa-siswi mempunyai peran yang sama-sama peting untuk pembangunan negara kedepannya.

 

“Dengan adanya kegiatan TGS di SMA N 3 tuban diharapakan selain dapat menumbuhkan kesadaran akan arti penting pajak bagi pembangunan suatu negara dan juga dapat menumpuhkan rasa bela negara sejak dini, yaitu dapat dimulai dengan belajar dengan giat dan tekun, “ ungkapnya. (Afi).