KPP Surabaya Karangpilang Resmikan Inovasi Anjungan Cetak NPWP Dan Formulir

KPP Surabaya Karangpilang Resmikan Inovasi Anjungan Cetak NPWP Dan Formulir
Kepala KPP Surabaya Karangpilang, Ir. Eko Radnadi Susetio dan Kepala Kanwil DJP Jawa Timur I, Prof.Dr.P.M. John L. Hutagaol,M.Ec.(Acc).,M.Ec.(Hons).,Ak.,CA,

Portaltuban.com - Dalam rangka mewujudkan predikat ZI-WBBM, KPP Pratama Surabaya Karangpilang memberikan berbagai inovasi pelayanan. Tujuannya untuk memudahkan Wajib Pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya.

 

Sesuai dengan tagline KPP Pratama Surabaya Karangpilang, CEMERLANG (Cepat dan Mudah Bersama Karangpilang), pada hari ini Jumat (29/10), Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I Prof.Dr.P.M. John L. Hutagaol,M.Ec.(Acc).,M.Ec.(Hons).,Ak.,CA. beserta Kepala KPP Pratama Surabaya Karangpilang Ir. Eko Radnadi Susetio,M.M. meresmikan Anjungan Layanan Cetak NPWP dan Formulir Perpajakan.

 

Layanan ini merupakan salah satu inovasi pelayanan yang diberikan KPP Pratama Surabaya Karangpilang untuk memberikan layanan yang mudah dan cepat kepada Wajib Pajaknya. Kedepannya, Wajib Pajak tidak perlu antri di loket Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) untuk mencetak ulang NPWP. Wajib Pajak hanya perlu datang ke anjungan layanan cetak NPWP dan dapat mencetak kartu NPWP yang rusak secara mudah dan dapat dilakukan secara drive thru.

 

Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sendiri adalah Predikat yang diberikan kepada unit kerja atau kawasan yang memenuhi standar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, serta penguatan kualitas pelayanan publik.

 

WBBM merupakan tahap lanjutan dari predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang sudah berhasil diraih oleh KPP Pratama Surabaya Karangpilang. Pembangunan ini merupakan upaya untuk terus melakukan perubahan dalam mencapai sasaran Reformasi Birokrasi dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik serta memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga hasil percepatan Reformasi Birokrasi bisa dirasakan oleh masyarakat.

 

Selain melalui Anjungan Cetak Mandiri NPWP, KPP Pratama Surabaya Karangpilang juga memiliki beragam inovasi lain seperti TOP 618 yang menyediakan layanan live chat agar Wajib Pajak dapat menjangkau petugas dalam memenuhi kewajiban perpajakannya secara mudah dan realtime, INDAH CEMERLANG yakni aplikasi yang dapat digunakan Wajib Pajak untuk mengajukan permohonan Pemindahbukuan dengan mudah dan cepat melalui media elektronik.

 

 

Ada juga PESAN CEMERLANG yakni sarana informasi dan komunikasi kepada Wajib Pajak yang digunakan untuk menyampaikan informasi perpajakan secara berkala. Selain itu masih terdapat berbagai macam inovasi yang dikembangkan dengan tujuan untuk memudahkan Wajib Pajak dalam menjalankan hak dan kewajiban perpajakannya yang sangat inovatif dan telah dijalankan oleh KPP Pratama Surabaya Karangpilang.

 

Inovasi pengembangan sarana dan prasarana juga diberikan oleh KPP Pratama Surabaya Karangpilang sebagai komitmen untuk menjadikan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Terdapat ruang layanan mandiri, dimana Wajib Pajak bisa memperoleh formulir permohonan dan mengakses layanan online DJP, terdapat gerai Mini ATM untuk memudahkan penyetoran pajak, terdapat Mobil tax unit yang digunakan untuk memberikan pelayanan perpajakan bagi masyarakat atau Wajib Pajak yang diselenggarakan di lokasi tertentu dan seluruh sarana dan prasarana di KPP Pratama Surabaya Karangpilang merupakan fasilitas yang ramah untuk disabilitas, lansia dan ibu hamil.

 

Sementqra itu, Kepala KPP Surabaya Karangpilang, Ir. Eko Radnadi Susetio,M.M saat dikonfirmasi menjelaskan babwa semangat untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan terus berinovasi merupakan komitmennya. Inovasi dan pelayanan prima yang diberikan bukan semata-mata untuk meraih predikat ZI-WBBM, namun diniatkan dari hati sebagai wujud pengabdian kepada Bangsa dan Negara.

 

"Tujuan utama dalam setiap pekerjaan yang kami lakukan harus berorientasi terhadap kebermanfaatan yang kita berikan untuk Negara dan kebermanfaatan untuk membantu memudahkan Wajib Pajak dalam menjalankan kewajiban pajaknya. Hal tersebut yang melandasi kami agar dapat terus berinovasi serta selalu memberikan pelayanan terbaik bagi Wajib Pajak di KPP Pratama Surabaya Karangpilang, " katanya.

 

Senada juga di sampaikan Kepala Kanwil DJP Jawa Timur I, Prof.Dr.P.M. John L. Hutagaol,M.Ec.(Acc).,M.Ec.(Hons).,Ak.,CA, bahwa pihaknya sangat mendukung KPP Pratama Surabaya Karangpilang untuk meraih predikat ZI-WBBM. Perjuangan yang dilakukan untuk dapat meraih predikat WBBM adalah jalan panjang.

 

Dimana KPP Pratama Surabaya Karangpilang harus terus berinovasi dan terus memberikan pelayanan terbaiknya untuk Wajib Pajak. "Saya juga mengajak agar seluruh pegawai dapat terus menjaga integritasnya dalam melaksanakan tugas dan terus menjaga pelayanan yang prima untuk Wajib Pajak," ungkapnya (Afi).